Seragam Mahasiswa

Tidak lagi menjadi hal aneh bagi mahasiswa PGSD untuk mengenakan seragam putih hitam dalam perkuliahan. Namun kebudayaan ini menjadi terlihat aneh ketika mahasiswa baru yang merasakannya. Diasumsikan sebagian besar mahasiswa baru PGSD merasa kaget ketika mereka tau bahwa mereka masih diikat pakaian seragam ketika kuliah. Jika di jurusan lain mahasiswa dibebaskan atas pakaian yang dikenakan. Tapi tidak dengan PGSD. PGSD memiliki aturan seragam tersendiri dengan tujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan penanaman karakter guru sejak dini dalam perkuliahan.

Seragam putih hitam wajib dikenakan mahasiswa PGSD dari hari Senin sampai Rabu. Mahasiswa putri diwajibkan mengenakan rok hitam, sedangkan mahasiswa putra diwajibkan mengenakan celana hitam panjang. Baik rok maupun celana yang dikenakan mahasiswa tadi tidak diperkenankan berbahan jeans. Selain ini mahasiswa juga diharuskan menggunakan sepatu pantofel diperkuliahannya. 

Peraturan mengikat ini sebenarnya bukanlah bentuk keotoriteran. Jika diamati justru dengan seragam ini mahasiswa banyak diuntungkan. Diantaranya adalah tidak muncul kesenjangan sosial diantara mahasiswa. Kesederhanaan juga tergambar dari seragam putih hitam tersebut. Diharapkan mahasiswa tidak berlomba-lomba mengejar fashion, melainkan meningkatkan kemampuan akademik maupun nonakademik yang akan menunjang ketrampilannya.

Jadwal penggunaan seragam

Senin-Rabu = putih+hitam

Kamis-Jum’at = bebas rapi (batik/ hem + rok(cewek)/ celana kain(cowok)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: